Berdakwah Kepada Jin Ketika Ruqyah

Oleh: Faiq El Azhary, Lc, Dipl

    Ada satu hal sangat penting yang biasanya terlewatkan dari pelatihan ruqyah entah karena ketidakmengertian pelatihnya akan pentingnya hal ini atau karena keterbatasan waktu. Hal tersebut adalah berdakwah kepada jin.
    Sering kita lihat di youtube peruqyah yang dakwahnya asal-asalan kemudian dengan sembrono memakai tehnik sembelihan. Ini jelas tidak dianjurkan karena jin itu adalah makhluk yang mukallaf dan layak didakwahi dengan baik atau dalam istilah Al Qur'annya bil hikmah wal mauidzotil hasanah. Jin layak didakwahi dengan baik dan tak boleh asal-asalan dalam berdakwah baru sebentar dakwah sudah main sembelih. Itu dzolim namanya. Ibnu Taimiyah sendiri dalam Majmu' Fatawanya melarang secara sembarangan membunuh jin.
    Sebenarnya cara berdakwah kepada jin tidaklah ribet seperti yang dibayangkan. Langkah pertama adalah tanya alasan jin mengganggu korban. Maka dakwahnya disesuaikan dengan alasan jin. Jika alasanya karena disuruh dukun maka jin dibantu lepas dari  dukun dengan cara diajak berdoa kepada Allah agar dilepaskan dari dukun. Tentu berdoanya setelah jin bersedia masuk Islam karena kalau belum masuk Islam doanya tak diterima. Jika dia menolak masuk Islam maka ditanya apa agamanya. Jika dia kristen maka dibacakan ayat yang berkaitan dengan kristen seperti ayat 72 Al Maidah dan ayat 116-117 Al Maidah atau ayat-ayat lain yang sesuai. Jika dia Yahudi maka dibacakan QS At Taubah: 30 atau ayat-ayat tentang yahudi yang lain. Kalau dia tidak beragama dijelaskan bahwa dia diciptakan untuk menyembah Allah dan dibacakan QS. Ad Dzariyat: 56.
    Terkadang jin tidak mau lepas dari dukun karena merasa nyaman bekerja sama dengan dukun karena si dukun selalu memberi sesajen yang menjadi makanan dia. Jika kasusnya demikian maka kita katakan: "Enak mana pemberian dukun dengan ini?" kemudian kita baca QS Ar Rohman: 46- ahir surat. Biasanya jin akan tergiur karena melihat kenikmatan surga yang digambarkan oleh ayat ini.
    Jika jinnya merasa takut dengan dukun maka kita tawarkan untuk bergabung dengan pasukan jin muslim. Caranya dengan kita berdoa agar Allah menurunkan pasukannya dari kalangan jin muslim agar jin ini bisa bergabung dengannya.
    Jika jin tak mau meninggalkan pasien karena suka kepada pasien dan ini sering terjadi maka dibacakan QS. Ar Rum: 21. Biasanya jin tersebut langsung menjauh dari pasien. Karena memang makna dari ayat tersebut adalah menjelaskan bahwa Allah menciptakan pasangan hidup sejati itu dari sejenisnya sedang manusia dan jin bukan dari jenis yang sama.
    Demikianlah cara singkat berdakwah dengan jin ketika ruqyah dan tidak sulit sebenarnya. Jika sudah didakwahin secara maksimal tapi jinnya bandel ya silakan pake tehnik sembelihan.


1 comment: